Apakah Prospek Kerja Psikologi Kriminal Tergantung Kualitas Universitas?

Apakah prospek kerja psikologi kriminal tergantung kualitas universitas? tolok ukur yang digunakan perusahaan dalam mencari tenaga kerja bukan hanya dari kecakapan individu terkait dengan keterampilan yang dibutuhkan. Kenyataannya, banyak perusahaan yang juga memperhitungkan asal pelamar, apabila pelamar kerja adalah lulusan SMA sederajat pasti akan ditanya tentang akreditasi sekolah dan pernah melakukan kerja sama dengan perusahaan mana saja. Jika pelamar adalah lulusan S1 sederajat, pertanyaannya juga akan sama yaitu tentang kualitas universitas asal. Nampaknya bukan masalah akreditasi yang menjadi pertimbangan perusahaan. Semakin berkualitas universitas maka semakin banyak lulusannya yang juga berkualitas.


Bukan hanya itu, sebenarnya yang paling penting dari semua pertanyaan yang akan ditanyakan saat anda interview kerja adalah apakah sekolah asal anda bekerja sama dengan pihak lain? Karena semakin banyak pihak lain yang bekerja sama dengan sekolah atau universitas membuktikan bahwa lulusan dari lembaga-lembaga tersebut dapat dipercaya menjadi tenaga kerja yang berkualitas. Apakah anda mengetahui jurusan atau bidang ilmu di sekolah tinggi ataupun universitas yang terlihat langka? Jurusan psikologi kriminal atau lebih dikenal sebagai bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang perilaku, tata bahasa, bahasa tubuh, perkataan dan mimik wajah pada pelaku kejahatan atau kriminil. Tidak banyak universitas yang membuka jurusan ini, minat masyarakat Indonesia yang masih rendah pada bidang ilmu sosial seperti psikologi menjadi kendala utama.

Hanya universitas tertentu yang membuka jurusan psikologi forensik, kesadaran akan kebutuhan psikolog forensik yang cukup besar di Indonesia menyebabkan beberapa universitas membuka cabang keilmuan yang dianggap langka ini. Kesadaran masyarakat terhadap peran psikolog harus dibangkitkan, terwujudnya psikolog-psikolog handal tentu saja tidak akan berjalan tanpa dukungan dari masyarakat. Jika anda atau kebanyakan orang di sekitar anda bertanya 'bagaimana prospek kerja psikologi di Indonesia? Apakah ini pekerjaan yang umum?' Kebutuhan akan psikolog, khususnya psikolog kriminal di indonesia saat ini cukup tinggi. Hal ini berbanding lurus dengan prospek kerja psikolog. Semakin tinggi kebutuhan maka semakin banyak peluang.