Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Green Coffee Association


Sedikit mengenal apa itu green coffee Association yaitu pada tahun 1923 menandai penggabungan formal asosiasi kopi New York City, sebelumnya sudah dilakukan pertemuan dan diskusi selama beberapa tahun sebelum penggabungan tersebut dilakukan. Pada tahun 1922 pertama kalinya asosiasi memilih petugas untuk pertama kalinya. Petugas tersebut adalah sebagai presiden Wm. Bayne,wakil presiden Leon Israel, serta bendahara adalah Mackey. Pada saaat yang sama itu juga dua belas orang anggota dipilih menjadi dewan direksi. Total anggota sekitar seratus serta perusahan yang mereka kelola hampir semuanya adalah dalam bidang importir.

Pada dekade sekitar tahun 1930-an adalah salah harga green coffee mengalami harga terendah dibarengi hasil panen besar serta munculnya negara-negara baru seperti Uganda, Kenya, dan Angola sebagai produsen penting. Pada saat pecahnya perang di Eropa pada tahun 1939 membawa efek. Selanjutnya asosiasi telah menetapkan kategori “Anggota Rekanan”, dimana importir,sampler,serta perusahan transportasi yang terkait dengan perdagangan kopi bisa bergabung.


Assosiasi berusaha untuk meyakinkan Departemen Luar Negeri tentang masalah importir yang berurusan dengan entitas-entitas tersebut.Ansardy of Volkart,Bayer J.W Phyfe memberikan informasi terperinci mengenai distorsi yang terjadi. Penjualan ke negara-negara pengimpor “non quota” menjadi lebih besar yang kemudian terlepas dari semua upaya ICO sehingga mengakibatkan perjanjian runtuh pada tahun 1989.

Mulai dari pertengahan tahun 1980-an sampai sekarang GCA sendiri terus menyesuaikan dengan kondisi yang juga terus berubah. Roasteri USA pun juga ikut menurun dikarenakan adanya merger dan konsolidasi yang terjadi dibeberapa perusahaan pengimpor terpaksa harus tutup karena penerapan harga green been terhadap kontrak berjangka New York dan London. Skandal dan kebangkrutan di Amerika Serikat serta banyak peristiwa serupa terjadi di negara produsen yang menyebabkan bank membatasi kredit atau memilih meninggikan pembiayaan kopi seutuhnya.

Melalui semua gejolak tersebut prosedur kontrak dan arbitase GCA tetap merupakan kebutuhan yang sangat vital. Kualitas arbitrase dikerjakan dengan cepat dan adil. Begitu banyak perusaahn non-luar negeri sepakat bahwa arbitrase akan tetap berpusat di New york. Dan sampai hari ini GCA tetap menjalankan misinya dan tetap mempertahankan identitas uniknya sebagai asosiasi perdagangan ternama yang berurusan dengan kopi hijau di Amerika Serikat. Asosiasi tersebut juga bekerjasama dengan bursa kopi, kakao, dan gula terkemuka didunia untuk perdagangan komunitas jenis ini.